Jumat, 13 November 2009

Desa Cibeureum Siap Kembangkan Agropolitan & Agrowisata



KAB.CIAMIS,PETANIBERDASI.Com
Desa Cibeureum berada di ujung barat Kab.Ciamis yang berbatasan dengan Kab.Majalengka, tepatnya di Kec.Sukamantri. Kalau melihat letak geografisnya, desa ini memang strategis dan potensial dalam hal pengembangan di bidang pertanian, khususnya agribisnis.
“Karena itu, kami siap mendukung program Pemkab Ciamis yang menjadikan Ciamis Utara sebagai kawasan agropolitan. Karena di desa kami punya potensi di bidang agribisnis dan agrowisata yang siap dikembangkan. ”ujar Didi Kasmidi, Kepala Desa Cibeureum.
Tak mengherankan bila di Desa Cibeureum kini tengah dibangun Pasar Agro yang refresentatif dan sekitar 95 persen sudah selesai. Pasar Agro ini siap menampung hasil pertanian dari berbagai pelosok pedesaan di Kec.Sukamantri. Bahkan, pembangunan Pasar Agro Cibeureum dan objek wisata Situ Cibubuhan sempat disinggahi Wakil Bupati Ciamis H.Iing Syam Arifin dalam kunjungan kerjanya, Kamis pekan kemarin.
Potensi agribisnis yang ada di Desa Cibeureum sendiri, menurut Didi Kasmidi, antara lain cabe merah,stroberi,tomat,bawang daun dan lainnya. Bahkan program padat karya kali ini diarahkan untuk pengembangan tanaman cabe merah seluas 4 hektar yang dikelola oleh warga melalui kelompok tani.
“Dengan adanya Pasar Agro Cibeureum,maka hasil panen dari para petani bisa dipasarkan secara langsung, dengan posisi tawar yang kompetitif.”jelas Didi Kasmidi.
Sedangkan potensi agrowisata, Desa Cibeureum memiliki sebuah danau dengan panorama alam yang indah yakni Situ Cibubuhan, dan juga ada sebuah situs Batu Panjang dengan 6 titik sumber mata air.
Bila kedua objek wisata tersebut dikembangkan secara optimal, maka diharapkan dapat menarik perhatian para wisatawan untuk mengunjunginya, setelah berkunjung ke objek wisata Panjalu.
“ Pada kunjungan kerja Pak Wakil Bupati Ciamis hari Kamis kemarin, saya ungkapkan segala potensi agrobisnis dan agrowisata yang ada di Desa Cibeureum. Semoga saja mendapat perhatian dari Pemkab Ciamis untuk pengembangan berikutnya.”jelas Didi Kasmidi di ruang kerjanya. (REDI MULYADI)@@

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar