Minggu, 04 Oktober 2009

Ekspor Beras Organik Kado Istimewa Hari Jadi Kab.Tasik



PETANI BERDASI.Com

Pada hari Kamis (20/8) ini, petani di Kabupaten Tasikmalaya untuk pertamakalinya bisa mengekspor beras organik SRI (System Rice of Intensification) ke pasar Amerika sebanyak 20 ton. Dengan demikian, ekspor beras ramah lingkungan SRI itu sekaligus merupakan kado intimewa bagi Kabupaten Tasikmalaya, karena pada hari ini bertepatan dengan Hari Jadi ke 898.

“Ekspor beras SRI ke Amerika pada hari ini merupakan kado istimewa bagi Kabupaten Tasikmalaya yang merayakan Hari Jadi ke 898. Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat terutama kepada para petani, “ungkap Bupati Tasikmalaya, Drs.H.Tatang farhanul Hakim

Bupati mengatakan, dengan adanya ekspor beras organic SRI tersebut membuktikan bahwa Kabupaten Tasikmalaya mampu merealisasikan visinya yang bertekad menjadi kabupaten maju dan sejahtera dalam bidang agrobisnis di Jawa Barat tahun 2010. Apalagi padi SRI yang dihasilkan petani telah lolos sertifikasi organic internasional Institut for Marketcology (IMO) yang bermarkas di Swiss.

“Para petani di Kabupaten Tasikmalaya telah memberikan kado istimewa pada Hari Jadi ke 898 Kabupaten Tasikmalaya, dimana hasil panen padinya telah mampu di ekspor ke Amerika, yang teramat ketat untuk bisa memasukan suatu produk ke Negeri Paman Syam itu. Ini yang membanggakan kita semua,”tutur bupati.

Ekspor beras ini, lanjut Bupati Tatang FH, merupakan kali pertama yang dilakukan petani Kabupaten Tasikmalaya. Bahkan, untuk kategori beras organic SRI ini, mungkin yang pertama di Indonesia.” Karena sejauh ini di Indonesia, belum ada daerah yang memiliki sertifikasi organic dari IMO, sehingga Kabupaten Tasikmalaya merupakan daerah satu-satunya yang memiliki sertifikat organic tingkat internasional.” paparnya.(REDI MULYADI)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar