Selasa, 06 Oktober 2009

Panen Kacang Hijau di Kota Banjar Melimpah



PETANIBERDASI.Com

Beberapa hari terakhir ini, para petani kacang hijau di Kota Banjar seperti di Kecamatan Langensari atau Kec.Pataruman tampak sumringah, karena hasil panen mereka pada musim tanam kali ini cukup melimpah. Bahkan puncak panen kacang hijau saat ini, menyebabkan persediaan kacang hijau di Kota Banjar menjadi ‘surplus’ melimpah.

”Kami bersyukur, panen kacang hijau kali ini cukup bagus dan melimpah. Selama ini, tanaman kacang hijau menjadi andalan bagi para petani di Kota banjar, terutama saat musim kemarau panjang seperti sekarang atau memasuki musim tanam palawija,”ujar Amri (57), petani asal Desa Rejasari Kec.Langensari.

Amri mengatakan, bahwa para petani di Desa Rejasari dan desa lainnya di Kec.Langensari banyak yang menanam kacang hijau pada saat musim kemarau, karena banyak factor yang mendukung, antara lain karena perawatannya tidak rumit dan sesuai dengan kondisi tanah di Kota Banjar khususnya Kecamatan Langensari.

“Tanaman kacang hijau sangat cocok dibudidayakan dengan kondisi tanah di Kota Banjar khususnya Kecamatan Langensari, karena kondisinya tetap lembab, dan tahan terhadap kekeringan ketika musim kemarau panjang seperti yang terjadi sekarang,”lanjut Amri.

Hal senada diungkapkan Maman (34), petani asal Desa Binangun Kec.Pataruman, yang lahan pesawahannya ditanami kacang hijau dan kini tengah panen.”Setiap musim kemarau, para petani di desa ini selalu menanam kacang hijau.”tuturnya.

Para petani makin gembira, karena harga kacang hijau di pasaran saat ini cukup lumayan. Karena itu, para petani berharap agar nilai jual kacang hijau di pasaran tidak mengelami penurunan.”Semoga saja harga jual kacang hijau tetap stabil seperti sekarang,”lanjur Maman dan Amri.

Berdasarkan infromasi yang diperoleh Sinar Tani, bahwa harga kacang hijau ditingkat petani pada saat ini, yakni kualitas terbaik Rp.8.500/kg, kualitas sedang Rp.6.500/kg, dan kualitas rendah Rp.5.000/kg.

Dengan harga sekitar Rp.6.500-Rp.8.500/kg, menurut Maman dan Amri, masih sangat menguntungkan para petani.”Sebab, harga jualnya masih seimbang dengan tenaga dan biaya produksi yang telah kami keluarkan. Harapan kami, harga jual kacang hijau di tingkat petani tetap stabil,”ujarnya.

Harga kacang hijau di pasaran terutama di Kota Banjar mencapai kisaran Rp.12.500/kg.Dengan demikian, para petani berharap agar harga jual kacang hijau di tingkat petani seperti sekarang, tidak mengalami penurunan seperti yang terjadi pada musim tanam sebelumnya. (REDI MULYADI)****

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar