Senin, 12 Oktober 2009

H.Uned Sandingtaman: KEMBANGKAN USAHATANI TANAMAN BUNGA


H.UNED adalah sosok Kepala Desa Sandingtaman Kec.Panjalu Kab.Ciamis yang cukup kreatif dan penuh perhatian terhadap pembangunan sektor pertanian.Juga terhadap warganya yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani.Tak mengherankan,bila perkembangan pembangunan pertanian di desa ini mengalami kemajuan yang cukup menggembirakan.

Bukti kepedulian H.Uned terhadap pembangunan pertanian di daerahnya,kini ia tengah mengembangkan ‘usahatani’ agrobisnis tanaman bunga,terutama untuk jenis Endong Laut (imba/kedongdong cina) dan Shensivera (pepedangan).

“Sebagai anak petani,tentu saja saya senang bertani,apalagi ada peluang di sektor pertanian.”ujar pengusaha percetakan dan penerbit CV Tiga Putra Panjalu ini.

Bahkan,ia mengeluarkan kocek sendiri untuk membeli bibit Endong Laut sebanyak 200.000 pohon,yang harganya Rp.250/pohon.Sedangkan untuk bibit Shensivera sebanyak 25.000 pohon dengan harga Rp.200/pohon.

Walaupun melihatkan masyarakat petani terutama anggota kelompok tani yang ada di Desa Sandingtaman,menurut H.Uned,untuk sementara ini usahatani tanaman Endong Laut dan Shensivera dilakukan sendiri dan mengeluarkan modal sendiri.

“Bila ujicoba usahatani ini berhasil,maka saya akan disebarluaskan kepada petani lain agar kesejahteraan para petani di Desa Sandingtaman pun meningkat.Ini sudah menjadi komitmen saya sebagai kepala desa.”tutur H.Uned

H.Uned menjelaskan,bahwa usahatani tanaman bunga Endong Laut sudah dirintis sejak satu tahun lalu dan untuk bunga Shensivera baru 10 bulan lalu. Usahatani untuk kedua jenis tanaman ini baru akan menghasilkan rupiah biasanya sudah 2 tahun.Itupun sangat tergantung dari pemeliharaan dan perawatannya yang dilakukan secara intensif.

“Kalau ingin berhasil,budidaya kedua jenis tanaman ini memang membutuh

kan pemeliharaan dan perawatan yang intensif dari petani.”ujar H.Uned kepada pekan kemarin. (REDI MULYADI)***

1 komentar:

  1. bolehkah saya mengetahui alamat/nomor telpon rumah pak h. uned saya pengen kerja sama dalam bidang percetakan buku

    BalasHapus